Mendeteksi Derajat Luka Bakar

ialah salah satu cedera rumah tangga yang paling biasa terjadi. Adakalanya, luka bakar juga terjadi dampak terjebak dalam kebakaran. Luka bakar lazimnya punya tingkat keparahan dan potensi risiko berbeda yang disebut dengan derajat luka bakar. Tiap-tiap derajat Situs Slot Gacor mempunyai langkah pertolongan pertama yang berbeda. Kenali perbedaannya lebih terang di tulisan ini.

Apa itu derajat luka bakar?
Derajat luka bakar ialah sebuah ukuran untuk membagi ragam luka bakar menurut grade (tingkat) keparahan atau seberapa dalam kulit yang terdampak.

Perlu dikenal, struktur kulit manusia terbagi menjadi sebagian lapisan, adalah epidermis sebagai lapisan kulit terluar, dermis yang berada di tengah, dan hipodermis sebagai lapisan kulit terdalam.

Sekiranya luka cuma mengenai lapisan epidermis kulit, bisa dikatakan bahwa tingkat keparahan luka bakar hal yang demikian masih tergolong ringan.

Sementara itu, kian dalam lapisan kulit yang rusak, karenanya derajat luka akan kian tinggi. Artinya, tingkat keparahan ragam luka juga kian serius.

Kategori luka bakar terdiri atas derajat satu, derajat dua, dan derajat tiga. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Derajat satu
Derajat luka bakar pertama disebut juga dengan luka bakar superfisial. Kerusakan kulit yang terjadi cuma mengenai epidermis atau lapisan kulit yang paling luar.

Tingkat keparahan luka derajat 1 tergolong paling ringan dan gampang ditangani. Kecuali itu, ragam luka bakar betul-betul biasa dialami.

Penyebab luka bakar derajat pertama ialah paparan cahaya sang surya yang berlebih, terkena air panas, atau kecelakaan ketika mengaplikasikan kompor, alat setrika, ataupun alat pelurus rambut.

Ciri-ciri yang dimunculkan dari luka bakar derajat 1 mencakup:

kulit kemerahan,
peradangan atau sembab ringan,
nyeri yang masih dapat dibendung, serta
kulit kering dan mengelupas, lazimnya petunjuk ini timbul ketika luka bakar mulai sembuh.
Sebab luka bakar ini cuma mengenai lapisan kulit paling atas, petunjuk-petunjuk hal yang demikian lazimnya akan sirna ketika sel-sel kulit mati mulai terkupas dan tergantikan dengan yang baru.

Waktu penyembuhan luka derajat satu malah lebih pesat, ialah sekitar 7-10 hari dan tak meninggalkan jaringan parut (bekas luka bakar). Jadi, kulit Anda masih dapat kembali mulus seperti semula.

2. Derajat dua
Tingkat keparahan luka bakar derajat dua cenderung lebih serius ketimbang jenjang pertama.

Pasalnya, zona kerusakan sel-sel kulit telah mulai menembus epidermis sampai mengenai beberapa dermis atau lapisan kulit yang berada di tengah.

Menurut kedalamannya, derajat 2 dibagi menjadi dua ragam, adalah superficial partial thickness dan deep partial thickness.

Superficial partial thickness memengaruhi lapisan epidermis dan lapisan atas dermis. Sementara itu, deep partial thickness mengenai lapisan epidermis dan lapisan dermis yang lebih dalam.

Pertanda-petunjuk luka bakar superficial partial thickness mencakup:

kulit memerah,
terasa betul-betul perih, terutamanya dikala diraba,
timbul lepuhan sebagian jam setelahnya, dan
luka terasa peka dan menjadi pucat jika ditekan.
Pertanda-petunjuk luka bakar deep partial thickness ialah:

permukaan kulit yang berbercak merah muda dan putih,
sesekali disertai dengan lepuhan, dan
intensitas rasa sakit lebih ringan dibanding superficial partial thickness.
Zona yang terkena luka derajat ini terlihat berair dan mengkilap.

Adakalanya, keadaan ini juga bisa memicu pertumbuhan jaringan parut (keloid) mengandung abses yang disebut dengan luka bakar eksudat (fibrinous exudate).

Luka bakar derajat 2 lazimnya memerlukan waktu selama satu sampai tiga pekan hingga lukanya sembuh.

Melainkan jika tingkat luka bakar ini termasuk deep partial thickness, pengerjaan penyembuhan luka dapat memakan waktu lebih dari 3 pekan.

3. Luka bakar derajat tiga
Diperbandingkan ragam luka bakar lainnya, tingkat keparahan luka derajat 3 ialah yang paling serius.

Berdasarkan Cleveland Clinic, kerusakan yang terjadi pada kulit lebih lebar dan merusak hipodermis atau jaringan subkutan kulit, daerah terletaknya lemak dan kelenjar peluh.

Pertanda-petunjuk Anda mengalami derajat ketiga dari luka ini mencakup:

muncul zona putih atau coklat gelap seperti hangus pada kulit,
kulit kasar dan terkupas, serta
ada penebalan kulit yang terlihat seperti lilin dan meluas.
Tidak cuma merusak lapisan kulit, sesekali pengaruhnya bisa merusak tulang, otot, serta tendon yang ada di bawahnya.

Orang yang mengalami luka bakar derajat tiga tak akan menikmati nyeri di zona yang terdampak, tetapi pada zona di sekitarnya.

Sekiranya hal ini terjadi, sebabnya ialah ada ujung syaraf yang ikut serta rusak dikala kulit terbakar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *