Susan Anthony Seorang Pemimpin Hak-Hak Perempuan

Susan B. Anthony adalah seorang pemimpin hak-hak perempuan di akhir tahun 1800-an. Dia membantu memimpin jalan bagi hak pilih perempuan di Amerika Serikat, yang merupakan hak untuk memilih.

Dia lahir pada tanggal 15 Februari 1820 di Adams, Massachusetts. Dia memiliki 6 saudara laki-laki dan perempuan, beberapa di antaranya juga sangat terlibat dalam gerakan hak-hak sipil. Pada usia 6 tahun, keluarganya pindah ke Battenville, New York di mana dia bersekolah di rumah karena ayahnya menganggap sekolah setempat tidak cukup baik. Belakangan, hidup menjadi sulit bagi Susan dan keluarganya. Ayahnya kehilangan hampir segalanya ketika ekonomi runtuh pada tahun 1837. Susan mulai mengajar mencari uang untuk membantu melunasi hutang ayahnya.

Ini mungkin tampak sulit dipercaya di Amerika saat ini, tetapi wanita tidak selalu memiliki hak yang sama di hadapan hukum seperti pria. Secara khusus mereka bahkan tidak diizinkan untuk memilih!

Susan B. Anthony adalah seorang wanita yang sangat cerdas yang merasa bahwa wanita harus memiliki hak yang sama dengan pria. Dia melihat ini di tempat kerja pertama di mana dia menghasilkan sekitar seperempat dari apa yang akan dihasilkan pria untuk pekerjaan yang sama. Ini sepertinya tidak benar baginya.

Dia terlibat dalam upaya membuat pemerintah mengizinkan perempuan memilih dan memberlakukan https://maheshwarisadan.com/ undang-undang bahwa perempuan harus memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Mula-mula dia berbicara di kebaktian dan pertemuan. Kemudian dia membantu menjalankan surat kabar hak-hak sipil, dengan sesama aktivis perempuan Elizabeth Cady Stanton, yang disebut The Revolution.

Untuk melanjutkan perjuangannya untuk hak pilih perempuan, Susan B. Anthony memberikan suara dalam pemilu November 1872. Ini ilegal pada saat itu dan dia didenda $ 100 untuk pemungutan suara. Dia menolak untuk membayar denda. Tindakannya yang menantang dalam memilih ternyata menjadi cara yang bagus untuk menyebarkan berita bahwa perempuan harus memperjuangkan hak untuk memilih.

Bersama dengan Elizabeth Cady Stanton, Susan mendirikan National Women’s Suffrage Association pada tahun 1869. Melalui organisasi inilah Anthony bekerja untuk mendapatkan hak pilih bagi perempuan. Dia mengabdikan 37 tahun berikutnya dalam hidupnya untuk upaya ini. Selama waktu ini, Susan membuat banyak kemajuan, tetapi butuh 14 tahun lagi setelah dia meninggal agar perempuan mendapatkan hak untuk memilih.

Pada tanggal 18 Agustus 1920, Amandemen Kesembilan Belas diratifikasi menjadi Konstitusi. Dikatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih tanpa memandang jenis kelamin. Susan pertama kali memperkenalkan amandemen ini pada tahun 1878.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *